|



Mantan Presiden Korea Selatan Roh Tae-woo Meninggal Dunia

Mantan presiden Korea Selatan Roh Tae-woo (kedua dari kanan) keluar dari limosin yang ia tumpangi untuk berbicara kepada awak media di depan gerbang Rumah Tahanan Seoul di Seoul, pada 22 Desember 1997 setelah menjalani masa hukuman akibat kasus korupsi. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com -  Mantan presiden Korea Selatan Roh Tae-woo meninggal dunia pada Selasa (26/10). Roh meninggal dalam usia 88 tahun.

Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul mengatakan Roh meninggal ketika sedang dalam perawatan karena penyakit yang dirahasiakan.

Roh berkuasa setelah berpartisipasi dalam kudeta militer. Dia memenangkan pemilihan umum pada 1987, yang merupakan langkah awal dari negara tersebut dalam menuju proses demokrasi.

Ia lalu dilantik sebagai presiden pada 1988 dan menjabat posisi tersebut selama lima tahun. Namun pada tahun 1996, Roh divonis bersalah atas kasus korupsi selama ia menjabat sebagai presiden dan mendapatkan hukuman penjara selama 22,5 tahun. Ia mendapat grasi pada tahun 1997 dan dibebaskan dari hukuman yang menimpanya.

Roh menjauh dari sorot kamera dan acara-acara publik setelah dibebaskan dari penjara. Dia menahan diri untuk tidak terjun ke dalam kegiatan politik atau memberikan pidato untuk umum.(VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini