-->
    |

Setujui Kerja Sama di Bidang Keamanan, Hubungan AS dan Meksiko Masuki Babak Baru

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard setelah berbicara kepada awak media sebelum menghadiri pertemuan antara kedua negara di Meksiko City pada 8 Oktober 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan sebuah kerangka kerja keamanan terbaru antara AS dan Meksiko yang kini sedang disusun “menandai awal dari sebuah bab baru” dalam kerja sama keamanan antara kedua negara.

Dalam kunjungannya yang pertama ke Meksiko sebagai diplomat AS paling tinggi, Blinken pada Jumat (8/10) mengatakan bahwa “sudah waktunya mebuat pendekatan baru yang menyeluruh mengenai kerja sama keamanan antara kedua negara, kerja sama yang membuat kita menjadi mitra yang setara dalam merumuskan prioritas kita bersama.”Berbicara dengan para awak media di Meksiko City dalam sebuah konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard, Blinken mengatakan kerangka kerja keamanan yang disusun akan menjangkau lebih banyak isu selain diantaranya keamanan imigrasi dan perbatasan untuk mengatasi “sebab-sebab utama dari tantangan keamanan yang kita hadapi,” termasuk ketidaksetaraan, kesehatan publik, dan faktor ekonomi.

Ebrard mengatakan inisiatif ini, yang disebut Kerangka Kerja Dua Abad AS–Meksiko untuk masalah Keamanan, Kesehatan Publik, dan Komunitas Sejahtera, “tidak sekedar sebuah persetujuan kerja sama yang biasa, tetapi merupakan sebuah aliansi keamanan. Sebuah aliansi yang memilki tingkat kualitas yang berbeda dari persetujuan kerja sama.” (VOA)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini