-->
    |

Menlu AS ke Ukraina dan Jerman untuk Bahas Pengerahan Pasukan Rusia

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com -  Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken akan pergi ke Ukraina untuk melakukan pembicaraan dengan presiden negara itu, di tengah kekhawatiran akan kemungkinan serangan Rusia.

Departemen Luar Negeri Amerika Selasa (18/1) mengatakan, dalam perjalanan yang dilakukan agak mendadak itu, Blinken dijadwalkan bertemu Presiden Volodymyr Zelenskiy dan Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba di Kyiv Rabu. Dikatakan, kunjungan itu "untuk memperkuat komitmen Amerika terhadap kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina."

Blinken kemudian akan ke Berlin untuk bertemu Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock “untuk membahas keterlibatan diplomatik baru-baru ini dengan Rusia dan upaya bersama guna mencegah agresi Rusia lebih lanjut terhadap Ukraina,” kata Departemen Luar Negeri.

Sekitar 100.000 tentara Rusia dikerahkan di perbatasan timur Ukraina, menimbulkan kekhawatiran bahwa Rusia merencanakan aksi militer terhadap tetangganya itu. Ukraina pernah menjadi bagian Uni Soviet yang dipimpin Rusia. Pada 2014, Rusia merebut semenanjung Krimea dari Ukraina.Perjalanan Blinken melanjuti pembicaraan di Jenewa pekan lalu antara pejabat-pejabat Rusia dan Amerika untuk menyelesaikan perbedaan mengenai Ukraina dan isu-isu keamanan lainnya. Tidak ada kemajuan yang dilaporkan.

Rusia menuntut jaminan bahwa Ukraina tidak akan pernah bergabung dengan NATO.

Delegasi Amerika mengunjungi Kyiv Senin untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina di tengah kebuntuan dengan Rusia.(VOA)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini